7 Cara Mengatasi Jerawat secara Alami atau dengan Obat!

 

Pimple


atau juga diartikan sebagai jerawat. Jerawat pasti akan tentu saja tumbuh saat memasuki usia remaja dimasa pubertas. Salah satu penyakit kulit yang akan pasti terjadi dan menjadi hal yang menjengkelkan karena hal satu ini. 

Pimple terkadang mengganggu rasa percaya diri kita. Namun ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa kita coba. Metode umum termasuk perawatan alami atau menggunakan perawatan kulit lainnya. 

Jerawat sendiri merupakan kondisi dimana kulit mengalami masalah peradangan yang menimbulkan bentol-bentol kecil. Ini bisa dipengaruhi oleh makanan, kotoran di pori-pori kulit, produksi sebum yang berlebihan di wajah, masalah pencernaan atau stres. Selain itu, jenis kulit kita juga mempengaruhi munculnya jerawat di wajah. Terutama untuk orang dengan kulit berjerawat, berminyak atau sensitif. Kondisi tersebut tentunya lebih rentan terhadap kulit berjerawat. Jadi yang bisa kita lakukan adalah mengendalikannya atau mencegahnya. 

Jadi jangan patah hati. Mari kita coba solusi berikut dan putuskan sendiri mana cara yang paling mungkin dan efektif untuk mengobati jerawat di wajah.

1. Cara Menghilangkan Jerawat Sekaligus Menjaga Kebersihan Wajah

Pada bagian ini setiap orang memiliki caranya masing-masing. Intinya, bagaimanapun, pembersihan wajah biasanya membutuhkan 1-2 langkah dan membutuhkan pengelupasan kulit secara teratur. Meski jerawat seringkali disebabkan oleh minyak berlebih, bukan berarti kita harus menggosoknya hingga terasa kencang atau bahkan kering. Anda benar-benar harus menemui dokter kulit untuk berada di sisi yang aman. Karena lebih baik menjelaskan kondisi kulit secara medis dan objektif, karena tidak terikat dengan merk skincare tertentu yang belum tentu kita nyaman.

Cara pembersihan wajah ini bisa dicuci dengan sabun setiap 1-2 hari sekali menggunakan susu pembersih dan cat atau cara lain yang dianjurkan dokter. Kita masih bisa melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali dalam seminggu tergantung sensitivitas kulit. Ada banyak produk pembersih dan pengelupasan akhir-akhir ini yang aman untuk kulit sensitif. 

2. Minum Air yang Cukup

Pelembap dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit kita. Sebenarnya hanya air, tapi sangat penting bagi tubuh. Tidak hanya melembabkan, tetapi juga membantu membersihkan pencernaan. Konsumsilah minimal 8 gelas sehari atau sesuai dengan kebutuhan cairan tubuh kita. 

3. Cara Menghilangkan Jerawat dari Makanan

Beberapa kasus jerawat bisa disebabkan oleh alergi atau kecenderungan mengonsumsi makanan tertentu. Umumnya makanan yang mengandung telur atau minyak, berbumbu pedas atau mengandung susu bisa menyebabkan hal tersebut. Selain konten sebelumnya, ada pemicu lain. Tentu saja, setiap orang berbeda.

Kendalikan atau bahkan hindari makanan tersebut. Kita bisa mencari pilihan makanan lain yang memiliki kandungan nutrisi serupa namun minim risiko menimbulkan jerawat. 

4. Cara menghilangkan Jerawat dengan Minum Obat

Beberapa dokter juga terkadang meresepkan obat oral untuk mengatasi masalah kulit. Ini bisa terkait dengan kondisi fisik yang memengaruhi respons kulit kita. Namun, obat ini tidak selalu kita butuhkan, sehingga biasanya kita hanya mendapatkan obat luar. 

5. Penggunaan Masker

Masker tersebut terdiri dari masker alami dan masker kecantikan yang ada di pasaran. Masker kecantikan saat ini hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari masker lumpur (seperti pasta lumpur), masker gel, dan masker lembaran (berbentuk daun). Secara umum, untuk kulit berjerawat, gunakan masker yang menyerap minyak berlebih, mengatur produksi sebum, dan mengandung bahan anti jerawat. Penggunaannya tergantung pada tingkat keparahan dan kepekaan kulit. Dengan masker alami, kita harus berhati-hati jika bahan tersebut menjadi alergen bagi kita. Misalnya, madu, putih telur, oat, dan lemon seringkali menjadi bahan utama dalam pengobatan jerawat. Jika tidak menimbulkan masalah, kita bisa menggunakannya secara teratur. Sekitar 1-2 minggu.

Comments